SISTEM INFORMASI MENEJEMEN
Definisi Sistem
Sistem dari bahasa latin (systema) dan bahasa yunani
(sustema) adalah satu kesatuan yang terdiri dari komponen atau elemen – elemen yang
dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi dari
kegiatan yang saling berkaitan dan susunan prosedur yang saling berhubungan dan
mempermudah kegiatan – kegiatan utama suatu organisasi .
Kalau menurut Wikipedia.org,
Kata sistem berasal dari bahasa latin (systēma) dan bahasa yunani (sustēma).
Sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri dari komponen atau elemen yang
dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk
mencapai suatu tujuan. Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling
berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak.
Definisi Informasi
Informasi adalah data – data yang telah diolah sehingga dapat berguna
bagi siapa aja yang membutuhkan informasi. Dalam ilmu komputer, informasi
adalah data yang disimpan, diproses atau ditransmisikan.
Jenis – jenis informasi :
- Berdasarkan penyampaiannya
a.
Informasi yang disediakan secara berkala
b.
Informasi yang disediakan secara tiba – tiba
c.
Informasi yang diediakan setiap saat
d.
Informasi yang diperoleh bedasarkan permintaan
- Bedasarkan kegunaan
a.
Informasi yang menambahkan pengetahuan
b.
Informasi yang mengajari pembaca
c.
Informasi berdasarkan format penyajian
Fungsi dari informasi :
- Meningkatkan pengetahuan atau kemampuan pengguna
- Mengurangi keditak pastian dalam proses pengambilan keputusan
- Menggambarkan keadaan sesuatu hal yang terjadi
Definisi Sistem Informasi
sistem informasi adalah suatu kumpulan dari komponen – komponen dalam
perusahaan atau organisasi yang berhubungan dengan proses penciptaan dan
pengaliran. Sistem informasi juga dapat didefinisikan sebagai suatu sistem yang
menerima sumber data sebagai input dan mengolahnya menjadi produk informasi
sebagai output.
Sistem informasi merupakan sistem yang terdiri dari beberapa sub sistem
atau komponen hardware, software, dan brainware data dan prosedur untuk
menjalankan input, proses, output, penyimpanan, pengontrolan yang mengubah
sumber data menjadi informasi.
Definisi Menejemen
Menejemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan
pengawasan usaha – usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya
organisasi lainnya agar mencapai tujan yang telah ditetapkan. ( James A.F
Stoner)
Definisi Sistem Informasi Menejemen
Sistem informasi menejemen adalah kumpulan dari sistem menejemen atau
sistem yang menyediakan informasi yang bertujuan mendukung operasi menejemen
dan pengambilan keputusan dalam suatu organisasi . SIM (Sistem Informasi
Menejemen) sangat diperlukan bagi
menejemen untuk menghasilkan kebijakan dan keputusan dalam mencapai tujuan
organisasi atau proyek, agar informasi yang dihasilkan dari penyelenggara SIM
dapat bermanfaat .
Setelah menjalani magang beberapa minggu yang lalu saya magang di Dinas
Pengelolaan Keuangan dan Barang Daerah (DPKBD) Kabupaten Bogor, Berikut ini
adalah aplikasi yang dipakai oleh DPKBD Kab Bogor :
Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan dan Barang Daerah (SIPKD) adalah
aplikasi terpadu yang digunakan sebagai alat bantu pemerintah daerah yang
digunakan meningkatkan efektifitas implementasi dari berbagau regulasi bidang
pengelolaan keuangan daerah yang berdasarkan pada asas efesiensi, ekonomis,
transparan, akuntable, dan auditable.
Aplikasi SIPKD merupakan aplikasi yang digunakan sebagai alat bantu dalam
proses pengelolaan keuangan daerah baik pada tingkat SKPD maupun SKPKD , yang
mencakup :
- Penyuunan anggaran
- Pelaksanaan anggaran
- Penyusunan anggaran perubahan
- Penyusunan pertanggung jawaban
P Aplikasi ini di bangun oleh Ditjen Keuangan Daerah Kemendagri dalam
rangka percepatan transfer data dan efisiensi dalam penghimpunan data keuangan
daerah.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar