Selasa, 14 Oktober 2014

SISTEM INFORMASI MENEJEMEN



SISTEM INFORMASI MENEJEMEN


Definisi Sistem
Sistem dari bahasa latin (systema) dan bahasa yunani (sustema) adalah satu kesatuan yang terdiri dari komponen atau elemen – elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi dari kegiatan yang saling berkaitan dan susunan prosedur yang saling berhubungan dan mempermudah kegiatan – kegiatan utama suatu organisasi .
Kalau menurut Wikipedia.org, Kata sistem berasal dari bahasa latin (systēma) dan bahasa yunani (sustēma). Sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri dari komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan. Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak.
 
Definisi Informasi 

Informasi adalah data – data yang telah diolah sehingga dapat berguna bagi siapa aja yang membutuhkan informasi. Dalam ilmu komputer, informasi adalah data yang disimpan, diproses atau ditransmisikan. 

Jenis – jenis informasi :

  •   Berdasarkan penyampaiannya

a.       Informasi yang disediakan secara berkala
b.      Informasi yang disediakan secara tiba – tiba
c.       Informasi yang diediakan setiap saat
d.      Informasi yang diperoleh bedasarkan permintaan

  • Bedasarkan kegunaan

a.       Informasi yang menambahkan pengetahuan
b.      Informasi yang mengajari pembaca
c.       Informasi berdasarkan format penyajian

Fungsi dari informasi :
  •  Meningkatkan pengetahuan atau kemampuan pengguna

  • Mengurangi keditak pastian dalam proses pengambilan keputusan

  • Menggambarkan keadaan sesuatu hal yang terjadi

Definisi Sistem Informasi 

sistem informasi adalah suatu kumpulan dari komponen – komponen dalam perusahaan atau organisasi yang berhubungan dengan proses penciptaan dan pengaliran. Sistem informasi juga dapat didefinisikan sebagai suatu sistem yang menerima sumber data sebagai input dan mengolahnya menjadi produk informasi sebagai output.
Sistem informasi merupakan sistem yang terdiri dari beberapa sub sistem atau komponen hardware, software, dan brainware data dan prosedur untuk menjalankan input, proses, output, penyimpanan, pengontrolan yang mengubah sumber data menjadi informasi.

Definisi Menejemen


Menejemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha – usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujan yang telah ditetapkan. ( James A.F Stoner)

Definisi Sistem Informasi Menejemen 

Sistem informasi menejemen adalah kumpulan dari sistem menejemen atau sistem yang menyediakan informasi yang bertujuan mendukung operasi menejemen dan pengambilan keputusan dalam suatu organisasi . SIM (Sistem Informasi Menejemen) sangat  diperlukan bagi menejemen untuk menghasilkan kebijakan dan keputusan dalam mencapai tujuan organisasi atau proyek, agar informasi yang dihasilkan dari penyelenggara SIM dapat bermanfaat .
Setelah menjalani magang beberapa minggu yang lalu saya magang di Dinas Pengelolaan Keuangan dan Barang Daerah (DPKBD) Kabupaten Bogor, Berikut ini adalah aplikasi yang dipakai oleh DPKBD Kab Bogor :

Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan dan Barang Daerah (SIPKD) adalah aplikasi terpadu yang digunakan sebagai alat bantu pemerintah daerah yang digunakan meningkatkan efektifitas implementasi dari berbagau regulasi bidang pengelolaan keuangan daerah yang berdasarkan pada asas efesiensi, ekonomis, transparan, akuntable, dan auditable.
Aplikasi SIPKD merupakan aplikasi yang digunakan sebagai alat bantu dalam proses pengelolaan keuangan daerah baik pada tingkat SKPD maupun SKPKD , yang mencakup :
  1. Penyuunan anggaran 
  2.  Pelaksanaan anggaran 
  3.  Penyusunan anggaran perubahan
  4. Penyusunan pertanggung jawaban 
P Aplikasi ini di bangun oleh Ditjen Keuangan Daerah Kemendagri dalam rangka percepatan transfer data dan efisiensi dalam penghimpunan data keuangan daerah.


Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar